Bali – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Badung berkolaborasi dengan PSN Kecamatan Badung akan menggelar Pengelukatan Agung pada 31 Januari 2021. Hal tersebut setelah diputuskan dalam pertemuan kemarin 9 sept 2020 yang dihadiri oleh ketua PHDI Badung dan Ketua PSN Badung.

“Seluruh PHDI Kecamatan hadir diantaranya Kuta, Kuta utara, Abian semal dan Petang. Kuta Selatan diwakili oleh Jro Mangku Topan yang juga Ketua PSN Kuta Selatan. Dalam pertemuan di sepakati akan membentuk panitia. Dan masing masing kecamatan akan mengeluarkan 10 sampai 15 orang untuk duduk di kepanitian,” kata Nyoman Sarjana, Ketua PHDI Kuta.

Akan ada 7 sulinggih yang akan mepuja pada saat itu. Ada sulinggih dari ida bagus Peranda, Sulinggih dari pasek dan Ida mpu.

Tujuan pelaksanaan ini Sebagai promosi pariwisata, budaya, Spiritual tourism.

Pembelajaran kepada masyarakat bahwa sulinggih itu sama kedudukannya.
Yang sering disebut sarwa sadhaka
Sedangkan jika dilihat dari fungsinya.
Ada 3 maka disebut dengan tri sadhaka
yang berfungsi membersihkan alam atas. Disebut Siwa Alam tengah budha
Alam bawah Bujangga, Semua sulinggih boleh melaksanakan asalkan mampu
Tri sadhaka merujuk pada kemampuan sulinggih Sarwa sadhaka merujuk pada soroh

Pada acara nanti tanggal 31 januari 2021 acara akan dinamakan Bali holy water festival (penglukatan banyu pinaruh)

Disamping sebagai promosi pariwisata.
Untuk mempersatukan dan memperat persatuan antara parisada kecamatan sebadung.

Tujuan dari pelaksanaan ini sebagai promosi pariwisata. Budaya. Spiritual tourism. Dan juga Pembelajaran kepada masyarakat bahwa sulinggih itu sama kedudukannya yang sering disebut sarwa sadhaka, Sedangkan dari fungsinya Ada 3 maka disebut dengan Tri Sadhaka yang berfungsi membersihkan alam atas. Disebut Siwa Alam Tenga Budha, Alam Bawah Bujangga dan Semua sulinggih boleh melaksanakan asalkan mampu.

Disamping sebagai promosi pariwisata. Tujuan lainnya adalah untuk mempersatukan dan memperat persatuan antara parisada Kecamatan Se-Badung.

Disimpulkan, Rapat koordinasi Parisada dengan PSN Badung ini menyepakati bahwa untuk Upacara Banyu Pinaruh yang akan datang dilaksanakan oleh Panitia dengan SK PHDl Badung dengan personil dari semua PHD dan mitrakerja di Kab dan kecamatan. Tempatnya di pantai Legian Kuta. Prebiya swadaya, pemuput 7 pandita/sulinggih manut pandikan/petunjuk lda Dharma Ipapati. Ini rencana dan perlu kajian lagi mengingat masa darurat Covid 19 belum jelas masa berakhirnya. (sarjana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here