Pernahkah diantara kalian mengantuk waktu pelajaran sedang berlangsung ? ayo terus terang jangan malu – malu. Sebenarnya itu manusia dan wajar koq, namun bila seringkali atau pada tiap pelajaran berlangsung itu yang menjadi perhatian khusus dengan mencari penyebab sebenarnya. Apakah dari faktor diri siswa, gurunya dalam menyampaikan pelajaran kurang menarik atau kondisi kelas yang mendukung karena kurang terangnya lingkungan kelas ?

Pada artikel kali ini, akan penulis singgung sedikit dari sisi faktor siswa. Tiap hari siswa tentunya banyak menghabiskan waktunya di sekolah, selain pelajaran di kelas ditambah dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya. Belum lagi setelah pulang dari sekolah masih mengaji, bermain, membantu orang tua hingga menonton TV yang acaranya menarik terasa berat untuk ditinggalkan padahal sudah larut malam, benar nggak ?

Adanya banyak agenda kegiatan rutin tersebut sedikit banyak mengganggu belajar kalian. Pasalnya tiap manusia bila melakukan rutinitas terus menerus dapat menimbulkan rasa jenuh atau bosan.

Ini harus dicarikan solusinya agar dalam belajarnya tetap fokus dan berhasil sesuai dengan keinginan.

Simak sampai habis artikel berikut, mungkin dapat dijadikan referensi mengatasi rasa bosan dalam belajar.

Faktor lain penyebab bosan belajar

Penjelasan di atas sebagai salah satu faktor pertama kalian tidak fokus dalam belajar yang disebabkan karena rutinitas yang kalian lakukan. Apabila kalian tidak mengalaminya sebab faktor di atas, mungkin faktor berikut yang menjadi penyebabnya :

2. Tidak ada tujuan

Kalian tiap melakukan kegiatan tentunya memiliki tujuan pasti yang harus dicapai. Demikian pula dengan belajar, sejak awal harus memiliki niat kuat untuk tetap fokus pada hasil dari kalian belajar. Ambil contoh nih ! Waktu belajar di rumah dengan penuh semangat akan belajar mengenai volume kubus, namun waktu sedang berlatih mengerjakan soal-soal latihan sayup-sayup dari jauh terdengar suara TV tetangga yang menayangkan acara TV favorit kalian. Lama-kelamaan tempat duduk kalian bergeser mendekat di depan TV untuk menghidupkan TV dan melihat tayangan favorit tersebut sehingga tanpa terasa sudah larut malam dan terasa mengantuk padahal belum selesai dalam mengerjakan soal latihan.

3. Lingkungan belajar tidak mendukung

Buatlah suasana lingkungan belajar kalian senyaman mungkin agar diwaktu belajar menjadi betah berlama-lama di tempat belajar tersebut. Hal ini dapat kalian lakukan mungkin dengan memasang hiasan di meja, warna cat dinding dengan warna favorit bahkan memasang tulisan jangan diganggu sedang belajar di depan pintu ruang belajar.

Harapannya tidak ada orang yang akan menggangu belajar kalian hingga selesai. Sebab orang di sekitar kita dapat memberi semangat atau bahkan mengganggu selama kita belajar.

4. Tidak menggunakan tehnik

Tiap orang pastinya memiliki tehnik atau cara dalam mencapai sesuatu. Demikian pula dengan kalian yang akan belajar, bila tidak menggunakan tehnik yang sesuai tentunya hasil belajarnya pun tidak akan maksimal bahkan gagal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam belajar. Kalian bisa baca dan klik artikel ini Kiat Jitu Melatih konsentrasi Saat Belajar

5. Mudah putus asa

Janganlah putus asa bila belum memperoleh hasil maksimal dalam belajar. Sangat manusiawi bila melakukan sekali hasilnya belum sempurna sesuai keinginan. Tetap jaga semangat terus belajar dan belajar tanpa bosan. Tentunya hasil hasilnya akan berbeda dalam penguasaan materi pelajarannya dibandingkan waktu belajar yang pertama dengan yang kedua dan seterusnya .

6. Mau hasil maksimal cara instan (wayangan)

Kalian pasti tahu wayang. Benar wayang merupakan seni asli Indonesia yang dimainkan oleh dalang dengan lakon tertentu selama semalam suntuk. Demikian pula tehnik belajar ini, dimana cara belajarnya dilakukan bila hanya akan ulangan saja. Ingat, belajar itu melalui proses panjang untuk menguasi suatu materi pelajaran. Tidak akan bisa menguasainya hanya dilakukan selama semalam saja. Apabila tehnik ini dilakukan bukan hasil yang maksimal yang didapatkan namun rasa kantuk dan konsentrasi dalam mengejakannya pun akan kacau.

7. Kurang Refreshing

Manusia apabila melakukan rutinitas yang tiada henti dan menguras banyak pikiran serta tenaga akan berdampak pada rasa bosan. Oleh sebab itu, refreshing diperlukan oleh tubuh guna kondisi tubuh dan pikiran kembali segar.

Caranya dengan menghibur diri atau melakukan kegiatan di luar rutinitas sehari-hari.

Tiap oirang punya cara sendiri untuk menghibur dirinya. Bisa melakukan jalan-jalan, berkunjung ke lokasi wisata, tidur, pergi ke kebun dan lainnya. Tidur pun dapat dikatakan refreshing sebab dengan tidur tubuh dan pikiran kita setelah bangun menjadi lebih segar. (trenbelajar.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here