Sarjana: Sudhi Wadani Sejatinya Dilakukan Dengan Tulus Sesuai Panggilan Hati

0
101

Setelah memeriksa pemberkasan administrasi sebagai salah satu prasyarat untuk melaksanakan ritual Sudhi Wadani, Eni mustofa memastikan bawasanya yang bersangkutan sungguh-sungguh nantinya melaksanakan ajaran agama Hindu. Eni mustofa akhirnya resmi dengan ketulusan hatinya masuk Hindu.

Demikian diungkapkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Kuta, Drs. I Nyoman Sarjana M.Ikom, Selasa (12/1) setelah dilakukan prosesi upacara Sudhi Wadani yang dihadiri oleh Ketua disaksikan dan kemudian disahkan dan diberikan piagamnya oleh Ketua PHDI Kabupaten Badung, I Gede Rudia Adiputra.

Sudi Wadani adalah Upacara yang wajib dilakukan bagi umat non-Hindu yang ingin memeluk Hindu sesuai panggilan hati nuraninya. Menurut data di PHDI Badung dalam kurun waktu tahun 2020 tercatat 156 orang telah melaksanakan Upacara Susdi Wadani.

“Mereka secara ikhlas memutuskan menjadi pemeluk Agama Hindu karena kemauan sendiri dan, sebagian atas dasar pernikahan,” terang Sarjana.

Menurutnya, Eni dari keluarga muslim memutuskan untuk menikah dengan orang suaminya yang berkewarganegaraan Amerika. Prosesi dilaksanakan di Griya Bang Suwarga Manuaba, Banjar Mertha Nadi, Desa Dangri Kangin, Denpasar Timur.

“Meskipun menurut pengakuannya sejak menikah Eni tidak aktif dalam ajaran agama manapun. Merasa tidak nyaman akhirnya mereka berpisah. Setelah berpisah Eni aktif mengikuti kelas Yoga dan merasakan kedamaian yang luar biasa sehingga pada suatu saat akhirnya dirinya berceritera dengan keluarganya. Begitu mendengarkan curahan hatinya lalu bapak serta ibunya merelakan apa yang menjadi ketetapan hati buah hatinya.

Untuk proses Sudhi Wadani dilakukan dengan tahapan berjenjang artinya diawali mengajukan perhomonan ke PHDI dengan melampirkan surat perwalian, persetujuan orang tua yang bersangkutan.

Berbekal data yang dilampirkan, lalu ditindaklanjuti oleh PHDI dengan melakukan dan pengecekan serta interview. Tujuannya adalah, untuk memastikan bawasanya yang bersangkutan sungguh-sungguh nantinya melaksanakan ajaran agama Hindu. (sarjana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here