Warga Banjar Legian Kelod Gelar Aksi Bersih Pantai

0
50

Sejumlah Warga Banjar Legian Kelod kompak bergotong royong menggelar aksi bersih-bersih pantai, Minggu (10/1/2021). Lebih dari 200 orang terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan sekitar.

Memulai aksinya sejak pagi, para relawan bergotong royong memunguti sampah di sepanjang pantai. Tak sampai dua jam mereka menyisir pantai, berkantung-kantung besar sampah berhasil dijaring. Sampah-sampah itu lalu mereka angkut ke tempat penampungan sampah tak jauh dari pantai.

“Sampah yang memenuhi Pantai Kuta sebagian besar sampah plastik dan ranting pohon tersebut merupakan bagian dari siklus tahunan, dan biasanya berlangsung hingga pertengahan Januari. Untuk itu warga Banjar Legian Kelod melakukan inisiasi gerakan beach clean up di kawasan Pantai Legian,” tutur Nyoman sumanata, Kelihan Banjar suka duka didamping Kepala Lingkungan, LPM Legian dan Lurah Legian.

Seperti diketahui, Kawasan Pantai Kuta-Legian, Kabupaten Badung, Bali dipenuhi sampah organik dan non-organik sejak Rabu 30 Desember 2020.

“Kalau mengingat di tahun 70-an sampah ini merupakan berkah, Masyarakat Legian pada saat itu kalau musim barat menunggu sampah dan kayu api didalam sampah biasanya ada ikan kecil kecil , kutun lamun, Dan Kalau ada batang pohon sebelum sampai dipantai warga yg pandai berenang akan langsung ke laut dan memberi tanda pada batang pohon tersebut, Kalau sudah ada tanda tidak ada yang akan berani mengambil namun beda, sekarang sampah malah menjadi musibah,”pungkasnya.

Sarjana bersyukur, kini semakin banyak kelompok masyarakat yang tergerak untuk bergabung dalam kegiatan ini. Walaupun begitu, ia pribadi mengaku masih kurang puas sebelum melihat warga dan pengunjung seluruhnya sadar untuk menjaga kebersihan pantai. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here