Praktisi Pendidikan Asal Australia, Wendy Wright Kagumi ‘Bali House’ Nyoman Sarjana

0
2

bali.inapos.com – Setelah mengunjungi Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Praktisi Pendidikan asal negeri Kangguru Australia, Wendy R E Wright singgah di kediaman I Nyoman Sarjana, salah satu tokoh Desa Adat di Legian Kuta.

“Sangat kagum melihat rumah Bali. ornamen yang memenuhi dinding dan tiang bangunan dan tata letak arsitektur yang sangat mengikuti pakem adat istiadat Bali,” kata Wendy, Jum’at (15/11/2019).

Sambil menikmati hidangan jajan pasar, dirinya sangat gembira dapat minum kopi cantik dirumah Bali didampingi dengan Yoniasih, istri dari Nyoman Sarjana yang dengan rinci menjelaskan tentang isi rumahnya beserta seperangkat gamelan Bali yang ada di sudut pekarangan.

“Rumah kami yang sederhana ini sering dijadikan tempat latihan menari dan menabuh dari anak-anak sekolah SIP School dan Sanggar Seni Indah Prima di kawasan Legian,” tutur Yoniasih.

Sarjana juga menjelaskan tentang Bali House mulai dari pintu masuk, Tugu karang, Ari ari, Bale Asta Sari, Dapur dan Kemulan Taksu. Namun dirinya tidak memperkenankan tamunya untuk masuk ke utama mandala, hanya melihat dari luar Merajan saja.

Fungsi Pelinggih Taksu merupakan salah satu pelinggih yang ada di Merajan, Merajan dapat diartikan sebagai tempat suci bagi suatu keluarga tertentu. Secara umum kebanyakan orang menyebutnya dengan lebih singkat seperti Merajan.

Bahkan menurutnya, Rumahnya sering juga rumahnya dipakai untuk gathering dinner dari kunjungan tamu-tamu asing wisatawan dan tokoh-tokoh penting dari berbagai belahan dunia dengan menampilkan persembahan tarian Bali.

Wendy juga sempat menanyakan tentang barong yang ada dirumah itu, dan dengan lugas Yoniasih menyampaikan barong tersebut sering dipakai ngelawang ke luar negeri oleh suaminya.

Barong ini menggunakan knock down system sehingga ringan dan bisa masuk ke dalam koper, Wendy menyampaikan akan akan mengajak temannya datang kesini dan akan belajar tari bali.

“Saya sangat mengagumi keindahan tari Bali,” celoteh wendy. (sarjana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here