Dedi Ruslan Sepakat Ciptakan Desa Pancasila Di Sukabumi

Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat

“Dengan luas wilayah seluas 48,42 km dan memiliki populasi penduduk sebesar 2340.756 namun jika dilihat dari kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Sukabumi masih relatif kecil yaitu berada di bawah 20 persen setiap tahunnya sudah seharusnya hal ini terjadi peningkatan,” kata Dedi Ruslan, Bakal Calon Bupati Sukabumi Periode 2020-2024, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, Pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap berbagai potensi strategis Kabupaten Sukabumi agar akselerasi percepatannya cepat meningkat di segala sektor, terutama sektor ekonomi kerakyatan dengan meciptakan role model Desa Pancasila yang bisa mengimplementasikan penerapan butir-butir Pancasila ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.


Hal tersebut dikemukakannya saat melakukan sejumlah diskusi, diantaranya dengan tokoh muda Ifdhal Rizki yang memiliki visi yang sama untuk menerapkan desa ideal yaitu Desa Pancasila seperti yang telah di inisiasi oleh budayawan Guruh Soekarno Putra.

Tidak hanya itu, kegiatan pariwisata di Kota Sukabumi relatif masih sangat kecil juga menjadi perhatian Dedi Ruslan, Secara keseluruhan hanya tercatat 2 objek wisata, 47 penginapan remaja, 6 kolam renang serta beberapa usaha pariwisata lainnya yang meliputi bilyard, golf, karaoke, dan ketangkasan. “Kami juga akan membangkitkan geliat kepariwisataan Sukabumi dengan menciptakan Ekowisata (ecotourism) di desa-desa yang dianggap memiliki potensi sebagai Desa Wisata dengan tetap menjunjung budaya dan kearifan lokal,” pungkas Dedi. (hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *