Hakim Pertegas Penguasaan Tanah Yang Ditempati Dewa Nyoman Oka

0
163

Sidang kasus penyerobotan tanah penyandang disabilitas I Dewa Nyoman Oka di PN gianyar, Kamis (21/3/2019) menghadirkan saksi-saksi dari Penggugat yang justru sudah berstatus Tersangka Dewa Merta dan Nyoman Swastika berjalan cukup dramatis, Hakim yang memimpin sidang ternyata malah memperjelas pernyataan saksi-saksi yang justru menguntungkan pihak I Nyoman Oka yang memiliki keterbelakangan mental.

“Jika mencermati keterangan dari saksi-saksi yang dihadirkan penggugat, semuanya justru memperjelas posisi penguasaan tanah yang memang selama ini ditempati Klien kami Dewa Nyoman Oka,” kata I Made Somya, Pengacara Dewa Nyoman Oka.

Faktanya, lanjut Somya, Kliennya Dewa Nyoman Oka (disabilitas) telah menempati rumah tersebut selama 20 tahun berturut-turut dan Penggugat tidak memiliki itikad baik dengan mengesampingkan hak-hak korban dalam proses pembuatan sertifikat tersebut.

Sidang menghadirkan saksi-saksi dari Penggugat yang sudah berstatus Tersangka dalam kasus pidananya yaitu Drs. Dewa Nyoman Subadi (sepupu dari pihak Penggugat), Dewa Nyoman Alit (ipar langsung pihak penggugat) dan Dewa Putu Mustika (sepupu).

“Isi dari isemua kesaksian mengakui penguasaan secara bersama-sama yang sudah dibatasi dengan tembok, dan untuk tanah bagian para penggugat dibagi 2 oleh orang tua para penggugat dimana sebagian tanah Utara dewa Oka Merta dan sebelah selatan Dewa Swastika, yang mana keterangan saksi mengetahui pembagiannya sudah rata, dan masing-masing pihak hanya menempati sebagian saja,” terang Somya.

Dalam fakta persidangan saksi Dewa Mustika menerangkan bahwa hanya ada 1 akses pintu dalam tanah sengketa dan akhirnya 2 saksi berikutnya menyatakan jelas ada 2 jalan dan pembatas tembok dan sama2 mengatakan sebelah Utara dari keseluruhan tanah adalah tanah keturunan Dewa Degenh (Orang tua tergugat) dan sebelah selatan keturunan dari Dewa Made Karya (Para penggugat).

Hakim memutuskan untuk sidang perdata tersebut dilanjutkan Kamis 28 Maret 2019 pekan depan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here